Saatnya Koperasi Bertransformasi Menuju Era Digital

Published by adminaris on

Aris NEWS- Koperasi sebagai pilar ekonomi yang sejalan dengan jiwa Pancasila, tetap relevan dan sejalan dengan kebutuhan masyarakat dunia usaha, sejauh mampu merespon perkembangan zaman khususnya kalangan milenial.

Karena itulah, Ketua Harian Dewan Koperasi Indonesia Agung Sudjatmoko meminta prototipe koperasi financial technology (fintech) untuk mendorong transformasi ke teknologi digital agar dapat lebih memaksimalkan pelayanan kepada anggotanya.

“Transformasi total yang dilakukan koperasi, salah satunya dalam mengoptimalkan teknologi untuk meningkatkan kualitas kelembagaan koperasi dan membuka akses tanpa batas.

Jumlah koperasi di Indonesia saat ini terdata lebih dari 130 ribu. Di antaranya ada yang berkembang pesat hingga mencatat omzet perputaran uang hingga Rp 16 triliun. Namun karena perubahan karakter masyarakat di era industri 4.0, maka koperasi juga harus bisa berbenah dan mengikuti selera masyarakat masa kini.

Baca Juga : KUD Aris, 44 Tahun Eksis Dari Koperasi Pertanian Hingga Bangun Swalayan

Agung Sudjatmoko mengungkapkan, saat ini segala lini sedang menghadapi perubahan ke arah digital yang membuat masyarakat mudah melakukan berbagai hal termasuk di bidang keuangan.

“Sekarang ini, generasi milenial kan maunya serba mudah, dan mereka dapat itu dari smartphone. Koperasi juga harus fokus pengembangan bisnisnya salah satunya melalui digitalisasi agar lini bisnisnya tumbuh, bisa menjangkau generasi milenial,” ungkapnya.

SUMBER


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *